Pengertian Contoh Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan

2 Comments Saturday, December 05, 2020
Pengertian Contoh Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan - Dalam ekosistem perubahan energi terus mengalir dari matahari hingga ke pengurai, energi tersebut dimanfaatkan oleh organisme untuk diubah menjadi makanan sebagai sumber energi sehingga terbentuklah rantai makanan dan jaring-jaring makanan dalam sebuah ekosistem.

Pengertian Macam Macam Contoh Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan Pada Ekosistem Darat & Air

Pengertian Contoh Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan
Contoh gambar rantai makanan dan jaring-jaring makanan

Pengertian Rantai Makanan Adalah

Pengertian rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya Tumbuhan yang dimakan suatu organisme (konsumen 1), lalu organisme (konsumen 1) tersebut dimakan oleh organisme lain (konsumen 2) dan seterusnya hingga mencapai puncak konsumen teratas.

Peristiwa terjadinya makan dimakan dapat dipresentasikan dalam sebuah gambar yang diurutkan secara linear sehingga membentuk suatu daftar rantai makanan.

Macam Macam Komponen Rantai Makanan

1. Produsen
Produsen adalah golongan organisme atau makhluk hidup yang bisa memproduksi makanan sendiri, hal ini biasa disebut dengan organisme autotrof.

Sebagai organisme yang menyediakan makanan, maka produsen tidak memakan organisme lain, justru merekalah yang dimakan. Contoh produsen pada rantai makanan ialah tumbuh-tumbuhan seperti buah, sayur, lumut, dan lainnya.

2. Konsumen
Konsumen adalah kelompok organisme yang tidak dapat memproduksi makanan mereka sendiri, sehingga mereka akan memakan organisme lainnya untuk memperoleh energi. 

Konsumen biasanya ditempati oleh hewan herbivora, karnivora, omnivora, dan insektivora. Contoh hewan konsumen dalam rantai makanan adalah herbivora: kuda, sapi, kerbau; karnivora: singa, harimau, burung hantu; omnivora: tikus, tupai, monyet; insektivora: tapir, katak, cicak.

3. Dekomposer
Dekomposer merupakan organisme yang bertugas menguraikan bangkai-bangkai organisme atau makhluk hidup lainnya untuk mengubah zat organik menjadi anorganik yang kemudian diolah lagi oleh produsen. Contoh organisme dekomposer yakni jamur, bakteri.

4. Detritivor
Detritivor ialah organisme yang memakan partikel-partikel organik (detritus) yang berasal dari serpihan atau bagian jaringan hewan dan tumbuhan yang telah melapuk. Contoh organisme detritivor ialah cacing tanah, siput, keluwing, lipan, teripang.

Macam Macam Rantai Makanan

1. Rantai Makanan Rerumputan
Rantai makanan rerumputan atau perumput adalah salah satu jenis rantai makanan yang dimulai dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya ialah Padi (produsen) → Tikus (konsumen 1) → Ular (konsumen 2) → Burung Hantu (konsumen 3).

2. Rantai Makanan Saprofit
Saprofit merupakan rantai makanan terjadi karena adanya penguraian pada bangkai organisme yang sudah mati. Contohnya yaitu Padi (produsen) → Ulat (konsumen 1) → Burung (konsumen 2) → Bakteri Pengurai.

3. Rantai Makanan Parasit
Parasit merupakan jenis rantai makanan yang menempel pada organisme lain (inang) untuk mendapatkan makanan atau energi, sehingga inang tersebut akan dirugikan terus menerus. Contoh dari jenis rantai makanan ini adalah Pohon (produsen) → Benalu (konsumen).

4. Rantai Makanan Sisa (Detritus)
Rantai makanan sisa (Detritus) adalah rantai makanan yang diawali dari detritivor. Detritivor ialah organisme heterotrof yang mendapatkan energi dengan memakan sisa-sisa bangkai organisme lainnya. Contoh rantai makanan detritus adalah Serpihan Daun  Cacing Tanah (pengurai) → Ayam (konsumen 1) → Manusia (konsumen 2).

Contoh Rantai Makanan Pada Ekosistem Darat Dan Air

1. Contoh Rantai Makanan Di Kebun
  • Tanaman (produsen) → Belalang (konsumen 1) → Ayam (konsumen 2) → Manusia (konsumen 3)
  • Tanaman → Ulat → Burung → Ular 
  • Tanaman → Serangga → Katak →  Ular 

2. Contoh Rantai Makanan Di Sawah
  • Padi → Ulat → Burung
  • Padi → Tikus → Ular → Burung Hantu
  • Rumput → Belalang → Katak → Ular → Burung Hantu 

3. Contoh Rantai Makanan Di Hutan
Gambar Rantai Makanan Di Hutan
Contoh gambar rantai makanan di hutan
    • Tumbuhan → Belalang → Katak → Ular → Elang 
    • Serpihan Daun → Cacing Tanah → Ayam → Musang 
    • Tumbuhan → Rusa → Singa

    4. Contoh Rantai Makanan Di Sungai, Danau Dan Rawa
    • Tumbuhan (produsen) → Ikan (konsumen 1) → Ikan Besar (konsumen 2) → Buaya (konsumen 3)
    • Lumut → Ikan Kecil → Ikan Besar → Burung Pelikan 
    • Tumbuhan → Kepiting → Manusia

    5. Contoh Rantai Makanan Di Laut
    Gambar Rantai Makanan Di Laut
    Contoh gambar rantai makanan di laut
    • Rumput Laut → Udang → Ikan kecil →  Anjing Laut → Paus Orca
    • Lumut → Ikan Kecil → Penguin → Anjing Laut → Ikan Hiu
    • Tumbuhan Alga → Ikan Kecil → Ikan Besar → Beruang Kutub
    Baca juga:

    Pengertian Jaring Jaring Makanan Adalah

    Pengertian jaring jaring makanan adalah perpindahan energi makanan yang melewati dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling terhubung satu sama lain sehingga mencakup skala yang lebih luas. Singkatnya jaring-jaring makanan adalah susunan dari beberapa daftar rantai makanan.

    Jaring-jaring makanan dapat dipresentasikan kedalam sebuah gambar dengan hirarki yang saling terhubung satu sama lain pada setiap makhluk hidup, sehingga susunan dari semua daftar rantai makanan tersebut akan membentuk suatu jaring-jaring makanan.

    Contoh Jaring Jaring Makanan Pada Ekosistem Darat Dan Air

    1. Contoh Rantai Makanan Di Hutan, Kebun Dan Sawah (Darat)
    Gambar Jaring Jaring Makanan Di Hutan
    Contoh gambar jaring-jaring makanan di hutan
    Tumbuhan (produsen) → Belalang, Lalat, Kupu-Kupu, Kelinci, Tikus, Kumbang, Capung → Burung, Katak (konsumen 1) → Ular (konsumen 2) → Elang, Serigala (konsumen 3).

    2. Contoh Rantai Makanan Di Laut, Sungai Dan Rawa-Rawa (Air)
    Gambar Jaring Jaring Makanan Di Laut
    Contoh gambar jaring-jaring makanan di laut
    Fitoplankton (produsen) → Zooplankton, Ikan Kecil, Udang, Kepiting, Cumi Cumi, Burung Camar, Penguin (konsumen 1) → Gajah Laut, Anjing Laut Macan Tutul (konsumen 2) →  Paus Biru, Paus Pembunuh/Paus Orca (konsumen 3).

    Perbedaan Rantai Makanan Dengan Jaring-Jaring Makanan

    1. Rantai makanan hanya memakan satu jenis organisme saja, sedangkan pada jaring-jaring makanan organisme memakan organisme lainnya yang tidak hanya satu jenis saja.
    2. Rantai makanan membentuk garis secara linear, sedangkan jaring-jaring makanan membentuk garis yang saling terhubung satu sama lain seperti bentuk jaring laba-laba.

    Itulah materi pembahasan mengenai Pengertian Contoh Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan. Semoga bermanfaat.

    2 comments:

    1. aku kira rantai makanan macamnya ada dua saja produsen dan konsumen, ternyata ada juga dekomposer dan Detritivor. Jadi nambah wawasan tentang rantai makanan lebih dalam

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya merasa senang sekali karena artikel ini bisa membantu menambah wawasan para pembacanya.
        Terima kasih telah berkunjung.

        Delete