Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Dan Contoh Teks Eksplanasi

No Comment Tuesday, March 31, 2020
Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Dan Contoh Teks Eksplanasi - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penjelasan lengkap pelajaran Bahasa Indonesia mengenai pengertian teks eksplanasi, selain itu kita juga akan membahas mengenai ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi beserta contohnya secara lengkap.

Pengertian Teks Eksplanasi
Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Dan Contoh Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai sebuah proses tentang sebab dan akibat dari suatu kejadian atau peristiwa tertentu yang ada di dunia nyata ataupun di sekitar lingkungan kita.

Dari hubungan sebab dan akibat suatu peristiwa itulah maka kita dapat mempelajari sesuatu dari proses kejadian tersebut. Contohnya pembahasan mengenai proses terjadinya fenomena bencana alam seperti tsunami, banjir, gunung meletus, topik sosial seperti pelaku korupsi, topik budaya seperti kesenian dan tari-tarian.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Selain memiliki unsur tersendiri yang bisa dipakai untuk membedakan teks eksplanasi dengan dengan teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki ciri-ciri tersendiri.
  • Menyantumkan data sesuai penelitian ilmiah dan fakta (aktual).
  • Materi atau topik yang dibahas biasanya lebih bersifat untuk umum, seperti banjir, tsunami, gempa bumi dan wabah penyakit.
  • Menggunakan alur pembahasan yang berurutan dari awal hingga akhir.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Teks eksplanasi bertujuan sebagai sarana informatif.
  • Lebih banyak memakai kata kerja, material dan relasional.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki beberapa unsur tertentu yang dijadikan sebagai strukturnya. Unsur tersebut terdiri dari:
  • Pernyataan Umum : Pernyataan yang berisi tentang topik pembahasan yang akan dipakai untuk membahas suatu fenomena atau peristiwa. Seperti apa yang terjadi, mengapa fenomena itu bisa terjadi dan bagaimana fenomena itu terjadi.
  • Deretan Penjelas (Sebab Akibat) : Bagian yang berisi tentang penjelasan mengenai proses terjadinya suatu peristiwa yang disajikan secara berurutan dan bertahap dari awal sampai akhir.
  • Interprestasi (Kesimpulan) : Sebuah bagian yang isinya tentang kesimpulan dari rangkaian peristiwa yang telah dibahas sebelumnya.

Baca juga:

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam

Banjir Di DKI Jakarta
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam: Banjir Di DKI Jakarta

Pernyataan Umum
DKI Jakarta adalah Ibukota negara Republik Indonesia Raya. Lokasinya yang terletak di utara Pulau Jawa ini sering mengalami banjir tahunan yang sudah tidak dapat dihindari lagi karena tindakan pemerintah Indonesia dan juga masyarakatnya.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Ada beberapa penjelasan logis kenapa DKI Jakarta selalu dilanda banjir setiap tahun pada saat musim hujan dan juga banjir Rob (air laut yang pasang/naik). Pertama DKI Jakarta berada daerah rawa, karena rawa sudah sewajarnya tergenang oleh air karena datarannya yang lebih rendah dibandingkan dengan daerah sekitar seperti Tangerang, Bekasi dan Bogor, maka tak heran jika Jakarta sering terkena banjir kiriman.

Di sisi lain, wilayah Jakarta sudah mengalami over populasi alias kelebihan seingga terjadi ketidakseimbangan antar jumlah penduduknya dengan luas wilayahnya yang diakibatkan dari urbanisasi. Faktor lainnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan menjual tanah mereka untuk pembangunan perumahan sehingga tidak ada lahan terbuka hijau.

Interprestasi (Kesimpulan)
Dari beberapa fakta tersebut kita dapat mengetaui bahwa solusi untuk penanganan banjir di DKI Jakarta adalah sepenuhnya tugas pemerintahan pusat dan semua kalangan masyarakat Indonesia.

Jadi tugas pemerintah adalah harus membatasi urbanisasi dengan memberikan pelayanan pembangunan SDM dan infrastruktur yang merata. Melakukan reboisasi, pembenahan sungai dan membuat waduk untuk mengurangi resiko banjir. Memberikan edukasi pada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Gunung Meletus
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam: Gunung Meletus
Pernyataan Umum
Gunung meletus yaitu fenomena alam yang berupa keluarnya magma dari perut bumi yang diakibatkan oleh gas bertekanan tinggi ketika mulut gunung api tersumbat. Fenomena ini termasuk dalam kategori bencana alam yang dapat mengakibatkan berbagai macam kerusakan serta dapat korban yang khususnya bagi penduduk yang tinggal disekitar gunung api.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Letak keberadaan gunung berapi yang aktif sangat terkait dengan jalur "The Ring Of Fire (Cincin Api)" atau zona pergerakan lempeng bumi. Peristiwa fenomena gunung meletus dapat memicu munculnya magma yang setiap saat bergerak ke atas akibat tekanan yang tinggi mengintrusi batuan di sekitarnya melalui lubang dan rekahan gunung api.

Ketika magma mengalami pendinginan pada saat kontak dengan udara luar maka magma tersebut akan mengeras menjadi batu, sehingga sangat memungkinkan sekali untuk menyumbat jalur keluarnya magma dari gunung berapi.

Setelah beberapa lama tersumbat oleh magma yang mencari, maka hal itu dapat memicu magma yang didorong oleh gas mengalami akumulasi tekanan dan apabila pada saat sumbatan pada gunung berapi tersebut sudah tidak menahannya lagi maka akan terjadi gunung meletus dan erupsi yang bisa menimbulkan gempa vulkanik serta munculnya awan panas yang sering disebut dengan nama "Wedhus Gembel".

Interprestasi (Kesimpulan)
Oleh karena itu, penting bagi semua masyarakat untuk memahami cara kerja gunung api ini sehingga dapat dilakukan antisipasi jika berada di situasi seperti ini. Sebaiknya kita juga mengikuti peringatan yang diberikan oleh pihak BMKG yang telah melakukan monitoring pada gunung api secara langsung. Sehingga kita dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengungsi agar menghindari terjadi jatuhnya korban.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya

Hilangnya Budaya Asli Indonesia
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya: Hilangnya Budaya Asli Indonesia
Pernyataan Umum
Indonesia memiliki beragam budaya dari ujuang Sabang sampai Merauke. Bahkan budaya yang Indonesia yang paling terkenal hingga ke mencanegara yaitu kesenian tari tradisional seperti Reog Ponorogo dan tari Jaipong. Selain tari-tarian ada juga kesenian Wayang Kulit dan juga Kain Batik.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Namun pada zaman modern ini, budaya kesenian tersebut nampaknya sangat sulit sekali dijumpai di Indonesia sendiri lantaran akibat terjadinya globalisasi sehingga dampaknya membuat budaya asli Indonesia hilang karena tergantikan oleh budaya asing seperti K-POP, Dance dan budaya barat lainnya.

Faktor lain yang membuat budaya asli Indonesia juga hilang yaitu karena masyarakat Indonesia sudah menganggap budaya mereka sangat kuno dan membosankan. Maka dari itu banyak generasi muda yang lebih tertarik pada budaya barat.

Interprestasi (Kesimpulan)
Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut maka generasi penerus bangsa Indonesia harus melakukan sesuatu untuk terus melestarikan kesenian budaya Indonesia dengan cara memperkenalkan dan mengajarkan budaya Indonesia sejak dini serta membatasi budaya asing yang dapat merusak moral para generasi baru.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Sosial Dan Politik

Kenapa Ada Koruptor Di Pemerintahan?
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Sosial Dan Politik: Pemerintahan Korupsi
Pernyataan Umum
Koruptor merupakan pelaku kejahatan yang sangat tidak manusiawi karena telah mengambil hak orang lain layaknya seperti pencuri. Apalgi jika hal itu dilakukan oleh para pejabat pemerintahan maka dia mereka bisa dianggap lebih buruk dari sampah masyarakat.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Pejebat pemerintahan yang melakukan korupsi biasanya terjadi karena adanya tuntutan ekonomi karena terbiasa hidup mewah, ingin mengembalikan dana yang telah dihabiskan selama masa kampanye dalam pemilu dan pilkada, atau bisa juga karena memang ingin memperkaya diri sendiri saja.

Karena ulah koruptor di pemerintahan, negara bisa mengalami kerugian besar karena uang pajak dari rakyat sudah habis lantaran dikorupsi. Dan hal itu mengakibatkan mahalnya biaya hidup untuk seperti naiknya harga barang dan kebutuhan pokok, biaya perawatan di rumah sakit menjadi sangat tinggi, pembangunan infrastruktur menjadi mengkrak (terhenti), sulitnya mencari lapangan kerja.

Selain itu ada juga dampak buruk lainnya, yaitu SDM semakin menurun karena pendidikan yang tidak terurus, perekonomian lumpuh, terjadi kericuhan, nilai tukar rupiah melemah, serta masih banyak dampak lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

Interprestasi (Kesimpulan)
Untuk menghentikan kejadian tersebut maka kita sebagai bangsa dan warga negara yang baik sudah sepatutnya harus lebih selektif dalam memilih pemimpin supaya kita dapat mengetahui siapa pemimpin yang layak untuk mengurusi pemerintahan Indonesia agar negara tidak hancur.

Jadi mulai dari sekarang kita harus lebih pandai untuk membedakan antara kerja nyata dengan pencitraan saja, bedakan antara pilihan rakyat dengan pilihan buzzer, hindari money politik, mengawal dan mengawasi KPU, ketahui visi dan misi calon pemimpin tersebut, ketahui juga prestasinya. Dengan mengenali calon pemimpin kita dengan baik, maka tidak akan ada lagi korupsi yang ada di pemerintahan.

Comments