Ukuran Standar Kertas Brosur Yang Paling Sering Digunakan

2 Comments Thursday, February 27, 2020
Ukuran Standar Kertas Brosur Yang Paling Sering Digunakan - Brosur merupakan salah satu media cetak yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk, jasa ataupun mempromosikan kegiatan tertentu seperti program sekolah dan les (kursus).

Dalam pembuatan sebuah brosur tentu kita tidak boleh sembarangan dalam menentukan ukuran brosur, sebab untuk mengatur ukuran brosur kita harus mengikuti ukuran standar agar biaya produksi tetap terkendali.

Selain itu dengan memilih ukuran brosur yang tepat maka kita dapat mengisi brosur tersebut dengan konten yang pas sehingga target pemasaran untuk mengiklankan produk atau jasa kita tepat sasaran.

Ukuran Standar Kertas Dan Ukuran Standar Pada Brosur Yang Paling Populer

Ukuran Standar Kertas Brosur Yang Paling Sering Digunakan
Desain Brosur Single fold | Dribbble by Dijimedia Creative

Ukuran Brosur Dengan Kertas A3
Jika Anda sedang mengiklankan sebuah produk secara besar-besaran atau sedang cuci gudang maka Anda dapat menggunakan ukuran brosur ini, sebab ukuran brosur A3 memiliki ukuran kertas yang sangat besar yakni 42 × 29,7 cm yang bisa digunakan menjadi brosur 2 lipat (bi fold), 3 lipat (tri fold), bahkan hingga 4 lipat (leaflet) sehingga sangat cocok dipakai untuk konten katalog harga barang yang bisa memuat banyak konten informasi.

Ukuran Brosur Dengan Kertas A4
Ukuran Standar Kertas Brosur Yang Paling Sering Digunakan
Desain Brosur Tri Fold | Dribble by Shofiqul Islam Roman

Ukuran brosur ini bisa dikatakan sebagai ukuran yang paling familiar. Seri A4 adalah ukuran kertas yang paling banyak digunakan di dunia percetakan dan format kertas yang paling dikenali oleh semua orang. Untuk ukuran kertas A4 adalah 29,7 × 21 cm.

Ukuran brosur A4 diarasa sangat praktis untuk menampung semua konten promosi Anda karena ukuran ini sangat fleksibel sebab brosur ini bisa diaplikasikan menjadi brosur 1 lembar (single fold) ataupun menjadi brosur 2 lipat (bi fold) atau 3 lipat (tri fold), bisa juga menjadi leaflet.

Ukuran Brosur Dengan Kertas A5
Selanjutnya ada ukuran seri A5, ukuran paling sering dipakai setelah ukuran A4. Ukuran kertas A5 memiliki dimensi 21 × 14,8 cm yang dimana untuk ukuran brosur seperti ini biasanya digunakan untuk mempromosikan sesuatu yang langsung to the point, seperti katalog harga sepeda motor, katalog harga mobil, katalog harga tanah kavling dan sejenisnya.

Ukuran Brosur Dengan Kertas A6
Ukuran Kertas Brosur A6 merupakan brosur dengan ukuran yang lebih kecil ketimbang kertas A5 yaitu hanya 14,8 × 10,5 cm sehingga hanya menjadi brosur single fold. Brosur yang menggunakan ukuran seperti ini biasanya hanya menampilkan nilai promosi yang diprioritaskan saja oleh perusahaan tersebut.

Ukuran Brosur Dengan Kertas DL
DL adalah sebuah singkatan yang berasal dari kata Dimension Lengthwise dan gabungan dari 3 DL ini membentuk kertas A4. Ukuran DL sering juga digunakan untuk membuat menu dan merupakan ukuran yang sangat pas jika dimasukkan kedalam amplop. Dimensi ukuran dari DL adalah 21 x 10 cm.

Baca juga:

Sebenarnya masih banyak sekali ukuran brosur lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi seperti ukuran (42 × 15 cm), (42 × 10 cm), (29 × 14,5 cm), (30 × 10 cm), (20 × 20 cm). Ukuran-ukuran tersebut bisa Anda pakai sebagai patokan standar sebelum mencetak sebuah brosur.

Setelah memahami Macam-Macam Ukuran Standar Kertas Brosur Yang Paling Sering Digunakan maka Anda dapat mengetahui ukuran brosur mana yang paling cocok digunakan untuk mempromosikan iklan agar tertarget.

2 comments: